-->

25 MASALAH PADA BATERAI SMARTPHONE ANDROID YANG HARUS ANDA KETAHUI

25 MASALAH PADA BATERAI SMARTPHONE ANDROID | UNIVERSALTEKNO - Berawal dari suatu  Permasalahan yang terjadi pada diri saya yaitu : Pada saat bekerja dengan cara tidak sengaja saya menjatuhkan baterai Galaxy Nexus kelantai,ini terjadi  dikarnakan ketidak hati-hatian saya dalam bekerja.

Pada saat itu saya belum berfikir bakal terjadi kerusakan pada baterai Galaxy nexus tersebut jadi pada saat dipasang serta dinasibkan, Galaxy Nexus tersebut tidak dapat dinasibkan, serta pada saat saya ujicoba di colokkan ke Laptop masih tidak ada input alias tanda tanda kenasiban serta begitu juga pada saat dicoba di charger hasilnya masih nihil,tahukan kamu kenapa dapat begitu? Yuk kami bahas segala sesuatu mengenai baterai Device android disini.

25 MASALAH PADA BATERAI SMARTPHONE ANDROID YANG HARUS ANDA KETAHUI


Ada berbagai Hal penyebab rusaknya baterai :

·Usia
Pemakaian yang lama atau usia baterai yang sudah lama juga termasuk penyebab rusaknya baterai smartphone android. Biasanya berkiasar antara 2 tahun keatas.
·Baterai Palsu
Baterai palsu atau baterai yang tidak original tentu akan sangat berbeda peformanya dibanding baterai yang asli. Biasaya ketahanan dari baterai tersebut sangatlah rendah.
·Kerusakan Fisik
Terjadi kerusakan pada fisik baterai,seperti baterai bocor,berlubang atau pecah ini bisa terjadi oleh faktor human (manusia).
·Baterai yang salah kontruksinya
Ini terjadi memang dari pihak produsennya,kenapa? Bisa saja pada saat pembuatan smartphone tersebut diisi oleh pihak produsennya dengan baterai yang kurang pas atau bahkan pembuatan baterainya yang kurang baik,biasanya ini jarang terjadi.
·Limit Pemakaian
Kadang ada batas limit pemakaian dari pihak produsen Smartphone, umpama dibatasi sampai 3 tahun. Kalau dalam bahasa lainnya sudah kadaluarsa.
·Limit pengecasan
Kadang ada batas limit pengecasan dari produsen, umpama sebuah baterai smartphone tersebut dibatasi sampai 1000x, dan jika seumpama lebih dari yang dibatasi itu tentu akan bisa merusak atau membuat baterai drop.




 Faktor Manusia


Faktor manusia juga sangat menentukan kerusakan pada baterai device kita, kenapa? Yuk simak pembahasan berikut.

·Waktu mengecas terlalu cepat
Tidak lebih sempurnanya waktu pengecasan juga dapat membikin menurunkan kinerja baterai, misalnya kapasitas baterai kami diharuskan isi penuh hingga 3 jam, tapi kami malah tidak jarang mengecas hanya beberap menit alias hanya sebentar.

· Waktu mengecas terlalu lama
Ini merupakan kebalikan dari poin yang diatas, biasanya tidak sedikit baterai device batas maximalnya kurang lebih 8 – 12 jam saat charger selebihnya dapat membikin baterai soak alias menurun peformanya,lama kelamaan dapat membikin baterai tersebut mengembung semacam orang hamil ^_^.

Terbukti sekarang telah ada sebagian dari device yang telah mempunyai teknologi yang menanggulangi masaalah tersebut, tutorial kerjanya dapat dengan membuang energi yg masuk ke baterai pada saat baterai tersebut telah penuh,tapi bagaiamana dengan teknologi di device kami apabila belum semacam itu? Betapa baiknya kami berjaga-jaga demi kebaikan.

· Tidak jarang Cabut pasang
Kadang kami tidak jarang cabut pasang charger ke device kita, mungkin karna ada kebutuhan alias hal-hal lain.butuh diingat faktor semacam ini juga dapat membikin peforma baterai kami menurun.

· Waktu mengecas yang tidak lebih cocok
Untuk mengecas device itu sangat disarankan pada saat baterai device kami tinggal 30% kebawah. Kadang tidak sedikit dari kami mengecas android pada saat baterai tetap sangat tidak sedikit,misalnya tetap <30% ini juga tidak baik untuk kebaikan baterai kita.berikut trik mengenai persoalan ini :


  • Chargerlah Device kamu pada saat kapasitas dayanya tinggal >30% (dibawah 30%).
  • Pada saat mengecas sebaiknya device kamu dimatikan.
  • Biasakan mengecas hingga indikator baterai penuh.


· Digunakan sambil kerja


Tidak sedikit dari kami tidak jarang memakai device pada saat lagi di charger, semacam sambil nelpon,game alias bahkan online. Taukah kamu faktor tersebut bakal tidak sedikit mempengaruhi pada hardware device kita? Ada beberapa penyebab yang dapat ditimbulkan salah satunya overhert alias panas berlebih,kenapa dapat? Sebab pemaksaan kinerja device pada saat mengecas bakal menyebabkan panas pada device kita.

Faktor ini juga bakal membikin kinerja baterai kami meningkat sebab terpaksa serta pasti faktor ini juga dapat membikin baterai kami cepat rusak, serta tidak hanya itu juga dapat membikin hardware didalam device kami rusak kenapa dapat? Sebab,komponen dari perangkat digital tergolong device terdiri dari ribuan IC yang digabung untuk membentuk Chip. Serta IC tersebut dibentuk dari ribuan komponen yang aktif, sedangkan komponen tersebut sangat rentan panas, apabila ada panas yang berlebih lewat dikomponen tersebut maka dapat membikin komponennya rusak. (Untuk mengenal persoalan ini dapat baca dasar-dasar elektronik serta elektronika digital).

·Baterai tidak jarang dicas pada saat kosong


Kadang dari kami tidak jarang membikin baterai hingga sangatlah kosong baru di charger,taukah kamu faktor tersebut juga dapat merusak baterai?

Apabila baterai hingga sangatlah kosong sebab pemaksaan dari kami untuk mengnasibkannya yang berulang dapat sebab kebutuhan alias listrik mati maka kemungkinan baterai tersebut dapat kehabisan daya serta bahkan dapat sangatlah mati. Faktor tersebut apabila dicas kembali dapat membikin waktu yang lama jadi membikin kinerja baterai yang lebih berat,dan kadang faktor tersbut dapat membikin baterai sangatlah mati serta tidak dapat digunakan lagi apabila sebelumnya baterai device tersebut telah agak lama.

·Faktor Charger yang tidak cocok
Ini sebetulnya juga tergolong dari kesalahan dari manusia itu sendiri,sebab tidak menyesuaikan standar yang telah ditentukan oleh pihak produsen. Berikut kemungkinannya :

Memakai alat pengecas yang tidak sesuai

Kadang kami tidak jarang memakai charger yang bukan kepunyaan dari device itu sendiri, contoh : charger dari BB juga dapat digunakan di Device android. Tidak jarang dari kami melalaikan faktor ini padahal kami belum tau dengan pasti berapa standar dari masing-masing chargey arus,tegangan alias daya yang sesuai untuk device kita.

Memakai Charger yang tidak original

Seandainya baterai kami membutuhkan tegangan 3.7 hingga 5 Volt DC serta sekian miliampere untuk pengisian, lalu kemudian si Charger yang tidak asli memberbagi tegangan serta ampere melebihi batas yang di telah ditentukan bagaimana menurut anda?, mungkin proses ngecas jadi lebih cepat dari yang standar tapi saya yakin baterai bakal lebih cepat panas.

Memakai Charger yang telah rusak

·Faktor tidak lebih hati-hati
Kadang dari kami tidak jarang melalaikan keamanan device kita, tidak jarang dari kami bongkas baterai android dengan tidak lebih baik, serta bahkan kadang kami tidak lebih hati hati dalam mengamankannya, semacam : terjatuh, terhempas,masuk air alias terlindar, Faktor tersebut dapat membikin baterai konslet,pecah alias bahkan rusak parah.

·Keliru menghubungkan Charger
kita tidak jarang menghubungkan charger ke Device tidak sesuai dengan petunjuk yang benar. Kadang kami tidak memperhatikan faktor tersebut padahal juga tergolong fatal, kenapa? Begini, kami tidak jarang menghubungkan charger terlebih dahulu ke device seusai itu baru di hubungkan ke stop kontak alias sumber listrik pada kami tidak menyadarai ada bahaya disana.

Taukah kamu pada saat charger dihubungkan ke sumber daya bakal ada tegangan kejut serta arus yang besar pada charger alias dapat dinamakan inrush current meskipun telah dipasang pembatas arus serta tegangan pada rangkaian charger baterai kemungkinan itu bakal tetap terjadi, bayangkan apabila arus yang besar itu masuk ke dalam baterai (silahkan dibayangkan), maka lama kelamaan bakal terjadi kerusakan pada baterai.

Perbuatlah pengecasan dengan tutorial menghubungkan charger dengan stop kontak alias sumber daya listrik terlebih dahulu hingga beberapa detik supaya tegangan kejut maupun inrush current hingga sangatlah stedy state alias dalam masa keadaan tunak baru arus serta tegangan bakal stabil kembali, tidak butuh lama-lama lumayan 3 detik hingga 5 detik saja baru kemudian hubungkan cahrger baterai pada baterai yang sebelumnya telah terhubung pada sumber daya listrik. Dengan begitu kami bakal meminimalisir kemungkinan baterai ngedrop ataupun rusak.


 3. Faktor dari Device


Setingan yang memboroskan baterai :

· Setingan Dual band, Maksudnya otomatis opsi WCDMA serta GSM (untuk mengenal persoalan ini dapat baca postingan kami “ “

· Bloetooth,wifi lupa dimatikan

· Berlama-lama bermain Game,Online alias membuka software yang berat dengan cara bersamaan dengan waktu yang lama

· Menyalakan Device nonstop hingga habis baterai.

· Menyalakan Live Wallpaper, dll

Sebetulnya tidak sedikit faktor yang dapat membikin baterai boros,saya hanya menerangkan tahap-bagian yang umum saja. Sebetulnya poin ini tidak terlalu tidak sedikit mempengaruhi baterai,tapi butuh diingat apabila kinerja baterai dengan maximal dengan cara semakin-menerus pasti juga dapat membikin penurunan kinerja pada baterai.

Adanya kerusakan Pada Device :
·    Terjadinya kerusakan dibagian penguat antena (PA), ini dapat sebab karat, putus jalur, alias kerusakan yang lain dikurang lebih ini, biasanya faktor ini bakal membikin terhambatnya koneksi pencarian sinyal alias tersendatnya sinyal yang masuk kedalam device, serta faktor ini pasti bakal membikin kinerja baterai sangat maximal jadi bakal sangat menguras tenaga baterai kita.
·        Gangguan pada charger konektor
Terjadinya gangguan alias kerusakan pada charger konektor juga bakal membikin kerusakan pada baterai kita. Faktor ini dapat terjadi sebab karat, korosi alias sebab yang lain, jadi pengecasan bakal menjadi tidak lebih sempurna serta tidak lebih optimal.
·   Serta Kerusakan lain  yang dapat menyebabkan penggunaan baterai yang boros.

Tanda-Tanda Baterai Mulai Ngedrop :

  • Apabila waktu mengecas pendek serta waktu penggunan lama maka baterai tersebut tetap prima.
  • Apabila waktu mengecas pendek serta waktu penggunaan yang pendek juga maka baterai tersebut telah mulai aus/drop.
  • Apabila waktu mengecas lama serta waktu penggunaan juga lama maka baterai kami juga tergolong tetap baik ,biasanya ini terjadi pada baterai device yang telah tua/lama.
  • Apabila waktu mengecas lama serta waktu penggunaan yang pendek maka baterai kami telah mulai soak,segera ganti dengan baterai baru.
Itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang '' 25 MASALAH PADA BATERAI SMARTPHONE ANDROID YANG HARUS ANDA KETAHUI '' .Semoga bermanfaat ya.

0 Response to "25 MASALAH PADA BATERAI SMARTPHONE ANDROID YANG HARUS ANDA KETAHUI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel