-->

Baterai HP Menggelembung ? Ini Penyebabnya Yang Hang Harus Anda Tahu

Baterai HP Menggelembung | UNIVERSALTEKNOBaterai HP menggelembung, ini adalah persoalan yang tak jarang dihadapi oleh pemakai handphone, terutama bagi handphone yang telah berusia. Baik itu HP Android (device) maupun HP biasa. Tak jarang kali untuk handphone alias HP yang telah lama dipakai, baterai HP dapat menggelembung sendiri. Hingga hingga kami kesulitan untuk menutup casing HP sebab baterai yang menggembung tadi. Apabila permasalahannya telah semacam ini, mau tak mau kamu wajib mengganti baterai HP dengan yang baru, kalau dapat beli baterai yang original supaya lebih tahan lama serta tahan lebih lama.

Baterai HP Menggelembung 


Berbicara persoalan baterai HP yang menggelembung, kenapa sih kok dapat baterai menggembung? Mari kami bahas sama sama. Penyebab baterai HP atau handphone dapat menggembung menurut saya yang kebetulan mempunyai sedikit ilmu mengenai kelistipsan.

Ada berbagai penyebab kenapa baterai HP dapat menggelembung. Ada yang bilang, baterai HP menggelembung sebab tak jarang over charge, atau kelamaan nge-charge HP. Adakala kami tak jarang kelupaan ngecharge HP kelamaan, apalagi ngecharge saat malam, dapat semalaman tuh baterai dicharge. Tak sedikit yang berbicara faktor seperti ini juga dapat menyebabkan baterai menggelembung. Tapi menurut saya tidak, kenapa? Untuk HP keluaran terakhir saat ini, sistem pengisian baterai ditampilan sedemikian rupa supaya seusai baterai terisi penuh maka otomatis bakal memutuskan ajaran listips dari charger ke baterai, jadi pengisian otomatis terhenti.


Coba saja kamu perhatikan saat ngecharge HP, saat pengisian berjalan apabila HP kamu pegang, terutama di tahap baterai, maka bakal terasa hangat, tentu itu sebab sedang proses mengisi. Tapi apabila baterai telah penuh, coba biarkan agak lama 1 jam atau 2 jam sambil charger tetap dalam keadaan tersambung. Trus kamu pegang tuh HP, tentu terasa biasa, telah tak hangat lagi. Ini menandakan bahwa telah tak ada pengisian baterai atau pengisian telah terputus. Otomatis kok kalau baterai telah penuh maka pengisian bakal terputus. Jadi menurut saya tetap aman saja apabila kamu kelamaan ngecharge HP hingga semalaman.

Penyebab lain baterai dapat menggembung adalah adanya komponen pengisian yang tak original. Misal baterai yang dipakai bukan original atau baterai ecek ecek harga di bawah 50 ribu itu. Ataupun charger yang kamu gunakan tak original. Apabila tegangan atau arus dari charger non original tak sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan, misal kalau kekecilan maka tak dapat mengisi baterai, sedangkan kalau keagungan dapat merusak baterai, salah satunya ya tadi dapat menyebabkan baterai menggelembung. Untuk itu disarankan kamu memakai baterai maupun charger yang original.

Dan terakhir, penyebab sebetulnya baterai HP atau handphone dapat menggelembung, yang biasanya tak jarang diperbuat, adalah pemakaian HP yang terlalu ekstrim. Pemakaian yang ekstrim ini maksudnya memakai handphone tanpa ada hentinya, tanpa memberbagi peluang baterai untuk beristirahat. Misal HP dicharge, penuh, main game, baterai low, dicharge lagi, penuh, main game lagi, dicharge lagi, penuh lagi, main game lagi. Ini yang menyebabkan umur baterai tak lama. Yang lebih ekstrim lagi, HP dicharge sambil main game, sambil online, sambil teleponan. Nah, kalau yang seperti itu telah tentu menyebabkan baterai panas serta akhirnya menggelembung.



Apabila kamu meperbuat pengisian baterai HP, sambil dipakai untuk menelepon, online, atau main game, maka arus yang masuk ke baterai tak seimbang dengan arus yang dikeluarkan dari baterai. Faktor ini yang menyebabkan baterai cepat panas sebab dipaksa untuk bekerja berat padahal baterai itu tak mampu. Pengguanaan HP yang ekstrim seperti ini menyebabkan baterai menjadi panas, baterai yang panas ini bakal membikin komponen di dalamnya memuai, jadi berdampak baterai menggelembung.

Oh ya, tak semua baterai HP mengalami penggelembungan. Pengalaman saya sendiri yang telah bolak balik ganti HP, mungkin telah 10 kali ganti HP, mulai jamannya Siemens C60 tahun 2004 dulu, hingga HP Samsung Galaxy Ace 3 ini, baru sekali mengalami baterai HP menggelembung. Ini saya alamiah waktu punya HP Nokia 3250, yang menjadi handphone Nokia pertama seri musik. Waktu itu terbukti saya akui pemakaian yang ekstrim. Sebab ini adalah seri handphone musik pertama di dunia yang dikeluarkan Nokia, maka dapat “hampir” 24 jam penuh saya memutar musik, bahkan sambil ngecharge pun tetap saya mainkan. Dampaknya ya baterai HP menggelembung itu. Seusai kejadian itu baru saya tahu tutorial yang aman memakai HP supaya baterai tahan lama.


Dan juga baterai menggembung biasanya tak jarang terjadi pada HP China (pocin), yang tentunya telah pada tahulah bagaimana nilai HP China itu sendiri. Soalnya saya tak jarang menonton dengan mata kepala saya sendiri, kawan kawan saya yang memakai pocin ini rata rata baterai nya tak tahan lama, bahkan hingga menggembung tadi. Jadi baterai menggelembung tergantung pada nilai baterai itu sendiri, makanya saya sebutkan di atas tadi pakailah baterai ataupun charger yang original.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai batera HP yang menggelembung, kenapa baterai HP itu dapat hingga menggembung. Semoga bagi kamu yang telah membaca serta tahu penyebab baterai HP menggelembung, supaya lebih hati hati dalam pemakaian HP, jangan memakai HP terlalu ekstrim supaya baterai dapat tahan lama, paling tak tahan lebih lama.

Nah itulah informasi yang dapat kami bagikan tentng ' Baterai HP Menggelembung ? Ini Penyebabnya Yang Hang Harus Anda Tahu'' semoga bermanfaat dan bisa menambah informasi tentang ponsel ya. Baca juga artikel lainnya dan terimakasih sudah berkunjung diwebsite kami.

0 Response to "Baterai HP Menggelembung ? Ini Penyebabnya Yang Hang Harus Anda Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel